Langsung ke konten utama

Mari Jelajah Musi Triboatton 2016


       

Saya sangat mencintai kota kelahiran saya, yaitu Kota Malang dengan udara sejuk dan asri yang membuat saya mempunyai inspirasi banyak tentang kota yang saya tempati sekarang ini. Begitu juga dengan saya terinspirasi dengan menjelajahi kawasan Indonesia salah satunya Jelajah Musi Triboatton yang indah akan Sungai Musinya. Keindahan ini menyerupai surga dunia yang berpindah ke Pulau Sumatera.
sumber gambar : http://cikalnews.com
Sungai Musi, Sungai yang kelihatannya biasa saja namun hanya digunakan sebagai tempat transportasi saja. Namun, dengan seiring berjalannya waktu,  Sungai Musi ini dijadikan tempat wisata oleh sebagian masyarakat di Indonesia, termasuk saya yang terinspirasi dengan keindahan Sungai Musi ini. Dengan keaneragaman juga keadaan sekitar, saya ingin melihat macam-macam kegiatan dan wisata yang terdapat di kawasan Sungai Musi. Karena keingintahuan saya tentang kegiatan di Musi Triboatton sangat besar, kemudian saya melihat banyak refrensi gambar dan wacana dari @pesonasriwijaya dan juga sumber yang lainnya, membuat saya takjub dan ingin tahu akan kegiatan International Musi Triboatton 2016

Sebelumnya, saya mencari sumber dan keberadaan lokasi tersebut dilaksanakan. Saya menemukan sumber-sumber terkait dengan kegiatan International Musi Triboatton 2016  melalui search engine dari google. Lokasi ini memang tak jauh dengan Sungai Musi yang terletak di Palembang, Sumatera Selatan. Acara Musi Triboatton adalah acara yang digelar setiap tahunnnya, kabarnya di tahun 2016 ini adalah tahun kelima untuk menyelenggarakan acara di Musi. Begitu juga saya mencari refrensi tentang kegiatan International Musi Triboatton 2016 ini, dan ternyata kegiatan ini adalah sebuah balap kapal yang bukan sekedar balap kapal biasa. Tapi kegiatan ini adalah dimana semua peserta balap kapal menjelajahi lebih dari 500km dari Sungai Musi. Tidak hanya itu saja, balapan ini juga menyuguhkan alam yang begitu indah akan eksotika dari Sungai Musi. Meskipun jarak yang akan ditempuh sangatlah jauh, namun para peserta dari International Musi Triboatton 2016  ini sangat antusias dalam mengikuti acara ini. Sebelumnya, para peserta telah dibekali motivasi dan semangat yang tinggi dalam berlomba nantinya.






International Musi Triboatton 2016 ini adalah perpaduan wisata sambil berjelajah atau penelusuran sungai dengan lomba dayung yang kreatif dengan menggunakan tiga jenis perahu (boat) yaituArung jeram (river boat), kayak dan traditional boat racing (TBR) atau biasa di sebut dengan perahu naga (dragon boat), dan penyusuran bersama dengan perahu induk dari hulu ke hilir sepanjang 500 kilometer dengan lintasan berarus deras (white water) dan berarus tenang (flat water).  Didalam acara ini juga kurang lebih akan dihadiri 20tim dari beberapa wilayah. Baik dari Indonesia maupun Internasional. Yang lebih membuat saya takjub dengan kegiatannya adalah acara ini akan dimulai dari Kota Pagaralam dan berakhir di Benteng Kuto Besak, Palembang. Betapa Jauhnya jarak yang ditempuh dalam perlombaan itu dan pastinya sangat mendebarkan dari segi alam yang indah.

perahu naga , sumber silahkan klik gambarnya


Rute yang bakal di tempuh oleh peserta yaitu melewati 4 Wilayah dan 1 Kotamadya di Sumatera Selatan. DiantaranyaTanjung Raya Kabupaten Empat lawang, Muara Kelingi ( Kabupaten Musirawas), Sekayu ( Kabupaten Musi Banyuasin), Banyuasin (kabupaten Banyuasin) dan berakhir di Kota Palembang. Sedangkan acara Pembukaan Internasional Musi Triboatting 2016 akan dilakukan di Musi Banyuasin pada tanggal 11 Mei 2016 hingga 14 Mei 2016

Sekilas informasi: 

>> Catatan rute yang akan ditempuh : Ada lima etape yang akan dilalui peserta Musi Triboatton 2016. Dimulai dari lokasi start di Desa Tanjung Raya, Kecamatan Pendopo Barat, Kabupaten Empat Lawang. Kemudian dilanjutkan di Desa Ulak Mengkudu, tepatnya di Lapangan SDN 14 Empat Lawang sebagai lokasi estafet peserta dengan finish di Jembatan Kuning, Tebing Tinggi untuk etape pertama. 
Etape kedua dilaksanakan di Desa Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas, kemudian dilanjutkan pada etape ke tiga yang dilaksanakan di Kota Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin. 
Etape ke empat mengambil tempat di Dermaga Pangumbuk, Kabupaten Banyuasin. Serta etape ke lima yang merupakan lokasi finish ada di Kecamatan 10 Ulu Kota Palembang yang sekaligus menadi lokasi pelaksanaan penutupan. <<

            Selain Kegiatan triboatting ini saya ingin menjelajahi hal yang tidak akan saya lupakan ketika kegiatan International Musi Triboaton 2016 berlangsung salah satunya: 

  • Adanya objek wisata yang belum diketahui di Sungai Lematang, Lahat

Ada apa dengan Sungai Lematang? Di wilayah ini masih memiliki obyek wisata yang membuat saya penasaran dengan arusnya Sungai Lematang. Sungai Lematang ini juga menjadi obyek pusat dari  Kota Lahat itu sendiri . Bagaimana mungkin Sungai Lematang ini bisa membelah dua kota sekaligus, dan hal ini membuat saya ingin melihat ke Sungai Lematang.

  • Menikmati segarnya nuansa kebun teh Pagaralam

Kota Pagaralam ini sudah lama dan dikenal menjadi destinasi favorit kebanyakan warga Palembang. Di Kota Pagaralam ini,  kebanyakan orang merasakan kesejukan khas pegunungan. Layaknya berada di wilayah Gunung Panderman Kota Wisata Batu. Lokasi ini Berada tepat di kaki Gunung Dempo menjadikan kota ini berudara dingin nan sejuk. Hamparan kebun teh di hampir setengah wilayah kota ini juga menambah kesan asri dan hijau. Juga jangan lupa ajak pasangan atau keluarga anda untuk berkunjung ke tempat seperti ini agar pikiran jernih setelah seminggu beraktivitas penuh di kantor maupun di kampus.

Hal yang tidak akan pernah saya lewatkan, dan wajib untuk saya kunjungi juga

  • Air Terjun Kawasan Gunung Dempo

Selain udara sejuk dan hamparan luas perkebunan teh yang hijau dan subur , Kota Pagaralam juga menyediakan beberapa destinasi yang membuat saya ingin mengunjunginya, salah satunya adalah beberapa air terjun. Selayaknya air terjun pada umumnya, air terjun di kota ini juga bersumber langsung dari mata air pegunungan dari  Gunung Dempo. Aliran dari air terjun ini membuat saya ingin mendekatinya bahkan ingin merasakan aliran air yang cukup menenangkan hati dan pikiran. Dengan airnya yang segar khas pegunungan, menjadikan air terjun di kota ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Hal ini saya ingin sekali mengunjungi kawasan yang belum tentu setahun sekali saya mengunjunginya.

Semakin banyak pengetahuan yang saya peroleh dari kegiatan ini dan saya ingin sekali menikmati keindahan dari Musi yang begitu elegan serta pemandangan yang membuat hati saya tentram dan mencari inspirasi baru melalui kegiatan yang ada di Sungai Musi. Juga kota wisata yang sangat menakjubkan. Alangkah indahnya pesona alam di Indonesia termasuk keindahan akan alam di Sungai Musi yang menjadi impian saya untuk mengunjungi kota ini.

Jika kalian ingin menikmati juga, jangan lupa langsung datang ke TKP saja dengan keluarga, pasangan atau siapapun yang ingin kalian ajak. Dan rasakan keindahan yang ada di Musi. Termasuk saya.

Salam terakhir dari saya, Salam hangat kota Malang untuk Pesona Indonesia.
Nenna Massara S – Neechan


Catatan : Tulisan ini di ikut sertakan dalam lomba blog “Jelajah Musi Triboatton”
#MusiTriboatton2016

Refrensi :




Komentar

  1. ahirya dari beberapa yg promo ada yg ngepost tentang tempat wisata jugaa....

    waahhh... seru banget tuh jelajah musi....
    dari semuanya aku iat arung jeram paling seru kayaknya.
    mana jaraknya jauh banget lagi.
    wuihh... pasti mendebarkan banget tuh

    boleh nggak ya nontonnya di jembatan ampera. kayak waktu gernaha bulan kemaren kan pada berdiri di atas jembatan ampera.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh ayok berangkat kakcha setelah kopnas nanti yaaa !

      Hapus
  2. aaaaak..
    aku pengeeeen..
    ini ya meskipun capek, tapi pasti worth bangett..pemandangannya itu loh.. penyusuran bersama di arus kuat kayaknya seru tuh..memacu adrenalin banget, sampe dunages..hahahahahaaaa
    ayok nen ke sana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau nyobak tah, ayo wes budal ae, ojok dunanges , aku dungakak lho :v

      ayo budal mari kopdaran :v

      Hapus
  3. Semoga menang ya Nen, pengin ikutan tapi kalau hadiahnya jalan2 si Kenzo nanti kasihan hehehe
    Moga2 rejeki bisa mengunjungi Musi, apalagi Arung jeramnya mantab

    BalasHapus
  4. WKWKWKWKWK kenapa kota gue disebuti semua. hahahhaha. Palembang adalah tempat gue hidup dan teman-teman gue disana. kalu disana sungai tu disebut laut mbak hehehehe. Keindahan alamnya memang luar biasa. Satu kata buat mba nenna blognya keren. Semoga menang ya mbak nenna heheheheh salam dari wong kito galo. cuko dag becouko mase lemak tulah. ;D

    BalasHapus
  5. Keren banget ya sungai musi itu. mudahan suatu saat bisa liat pemandangan disana. hihi

    kayaknya seru banget itu International Musi Triboatton 2016. ada lomba perahu naga dengan jarak 500 km? serius nen? doain deh bisa traveling liat kegiatan itu hehe

    BalasHapus
  6. sungai musi... dulu pernah lewat sini waktu nginep di rumah paman saya. lupa alamat rumahnya dimana, dempo baru atau dempo lama gitu.. sempet mampir ke jakabaring juga sih.mantep juga event internationalnya, memanfaatkan sungai kece. dulu gosipnya ada emas yang terkubur di sungai ini kan ya.. hohoho

    BalasHapus

Posting Komentar


Postingan populer dari blog ini

Nee COMEBACK? Ah masa?

Hai, sudah lama Nee tidak menulis lagi blog yang penuh banyak cerita baper didalamnya, btw apa kabar blogger? pastinya blog sudah berdebu dari 2017 atau 2016an gitu mulai divakumkan demi kehidupan reality dan beberapa kegiatan lain yang lebih menarik *slap akhir-akhir ini bahkan hingga saat ini Nee disibukan dengan coversong via aplikasi . IYAGAIS via APLIKASI sekali lagi. dan lagi lagi sering kopdar di beberapa kota dan sebagian sibuk dengan menjelang akhir semester di masa perkuliahan, banyak cerita yang bakal Nee sampaikan disini, mungkin saja semoga masih bisa eksis di dunia perbloggeran ya , dimulai dari awal 2008 yang mengharuskan pihak sekolah menyuruh untuk membuat blog untuk tugas keseharian baik diary ataupun artikel, sebentar di usia itu Nee masih SMP kelas 3 apa ya hahaha... dan lebih dari 10 tahun ini blog masih bisa digunakan dengan sehat wal afiat, *apa maksudmu woy!!! oiya bakal bahas apa aja sih? BANYAK , banyak drama, banyak diary keseruan, terus mau lanjuti

Kisah Seorang Train Traveller #2

Masih inget dengan sambungan Kisah train travveler edisi pertama? atau udah lupa ? Nanti aja ya Neechan kasih linknya, sekarang ada kisah baru yang Neechan alami di dalam kereta api jilid dua. kok ada banyak jilid sih Nee? Kenapa gak sekalian bikin buku paket jilid satu, dua, tiga gitu? Gimana yaa, agak bingung mau jelasinnya gimana. Cuman ini ada keterkaitan antara jilid satu aja sih. Di Tahun 2017, Neechan hendak Pulang ke Malang dengan menggunakan transporasi Langganan, ya apalagi kalo nggak naik sepur (read: train) *biar (sok) kekinian* . Di Stasiun awal ya Neechan merasa enjoy aja sama perjalanannya, tapi lama kelamaan, Di tengah-tengah Perjalanan, Neechan bersebalahan dengan salah orang yang kemaren di ceritakan di Part 1. Secara Kebetulan ato gimana , dia telfon dengan seseorang ato siapa gitu ya * anggap aja familinya*  sedang meangis ibaratnya dia macam diputusin sama pacarnya begitu atau baper sama mantannya yang baru aja nikah dengan yang lain. Neechan berfikir jika wakt

[Nee-Talk] Definition of Jomblo

Selamat Malam, gimana kabar? Masih sehatkan? Ngomong-ngomong tentang konsep neechan yang baru ini, hmm kira-kira apa aja ya isinya? Apa masih tetap konsisten untuk selanjutnya ? Nah salah satunya ada di obrolan tipis tipis dengan salah satu orang yang emang sebagian dari kalian emang tak asling lagi kan ? dan setiap hari senin atau rabu Neechan bakal adakan sesi acara baru dengan judul Nee-Talk. Topiknya berbeda beda dengan orang yang berbeda-beda.  kali ini Neechan mau sedikit membahas tentang sesuatu , yakni Definition of Jomvlo alias Definisi Jomblo :v *Tepok jidat yang meriah sodara!* Dan Kali ini Neechan udah ditemenin sama pemilik blog si Kucing Malas alias Ditsa Ayu . Sedikit cerita aja, Ditsa ini asli dari Banyuwangi dan sekarang lagi melanjutkan studinya di Salah satu kampus di Kota Malang. Dan beberapa hari yang lalu dia sempat mengalami jomblo akut, sehingga dia bisa menceritakan hal itu secara tipis tipis meskipun sekarang udah tak lagi jombs ya :v / Dan